Assalamualaikum Wr Wb,buat adik adik semua yang masih di bangku sekolah, terutama dari STM/SMK jurusan otomotif, blog ini hadir hanyalah untuk menambah pengetahuan. Jika ada manfaat bisa diambil, kami sangat bersyukur. Jika karena sok tau dan ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar- besarnya. Semoga isinya bermanfaat, Wassalaamualaikum Wr Wb
KLASIFIKASI ENGINE;
Engine dibagi menjadi dua,di lihat dari sistem pembakaran yaitu;
1.Internal Combustion Engine (Engin pembakaran dalam),
Misalnya terdapat pada; Jet engine , Reciprocating (piston) , Rotari (Wankel)
2.External combustion engine (Engine pembakaran luar ),
Misalnya terdapat pada; Turbin uap , Turbin gas , mesin uap
Dalam blog ini akan saya uraikan tentang engine pembakaran dalam yang mengunakan piston.
PERBEDAAN DIESEL ENGINE DAN GASOLINE ENGINE
Tabel Perbedaan antara gasoline & Diesel Engine
| ||
ITEM
|
GASOLINE
|
DIESEL
|
Perbandingan Kompresi
|
Rendah (6:1 - 10:1)
|
Tinggi (12:1 – 23:1)
|
Metode Pembakaran
|
Fuel + Udara
|
Udara
|
Bahan Bakar
|
Bensin
|
Solar
|
Metode Penyalaan
|
Busi (spark plug)
|
Kompresi
|
Sistem Bahan Bakar
|
Karburator
|
Pompa Injeksi + Injektor
|
Konstruksi
|
Ringan
|
Berat
|
Efisiensi Panas
|
Rendah (25 – 30%)
|
Tinggi (30 – 37%)
|
Getaran & Suara
|
Kecil
|
Besar
|
KEUNTUNGAN DIESELl VS GASOLINE
1.Pemakaian bahan bakar lebih hemat, karena efisiensi panas lebih tinggi
2.Daya tahan operasional lebih lama
3.Gangguan lebih sedikit,karena tidak ada sistem pengapian
4.Momen yang di hasilkan lebih tinggi
KEKURANGAN DIESEL VS GASOLINE
1.Karena tekanan kompresi tinggi,menimbulkan getaran dan suara yang lebih besar
2.Bahan & konstruksi lebih rumit dan kuat,agar dapat tahan pada kompresi tinggi
3.Perawatan sistem bahan bakar lebih rumit
4.Membutuhkan kapasitas baterai & motor starter lebih besar,agar dapat memutar cranksaft dengan kompresi tinggi
PERBEDAAN ENGINE 2 & 4 LANGKAH
Prinsip kerja engine 2 & 4 langkah adalah sama,yakni; pengisapan, kompresi, power (kerja) ,dan pembuangan.Sedangkan perbedaanya pada jumlah putaran crankshaft per siklus yang menghasilkan kerja.
1. 2 Langkah: Dua kali langkah piston - satu kali putaran crankshaft - menghasilkan satu kali langkah kerja.
2. 4 Langkah:Empat kali langkah piston - dua kali putaran crankshaft - menghasilkan satu kali langkah kerja.
UNSUR - UNSUR PEMBAKARAN
Syarat terjadinya pembakaran yaitu adanya 3 unsur, yakni: udara, bahan bakar, dan panas
Air + Fuel + Heat = Combustion
|
Faktor yang mempengaruhi density udara;
.Sejuk/kelembaban
.Temperatur
BAHAN BAKAR (FUEL)
PERBANDINGAN UDARA DAN BAHAN BAKAR
TABEL CALORIFIC VALUE
PANAS (HEAT)
.Gasoline
Panas pada gasoline engine di peroleh dari letikan bunga api spark plung.
.Diesel
Panas pada engine diesel diperoleh dari udara yang dikompresikan dalam ruang bakar.
Proses terjadinya panas;
Udara yang dihisap oleh ruang bakar kemudian dikompresikan,Karena adanya penyempitan ruang bakar maka molekul-molekul udara saling bergesekan yang akan menimbulkan panas.
PROSES KERJA(SIKLUS)
1.INTAKE / LANGKAH HISAP
.Piston bergerak dari TDC ke BDC
.Intake valve membuka & exhaust menutup
.Udara luar terhisap ( karena di dalam ruang bakar kevakumanya lebih tinggi )
EFISIENSI VOLUMETRIK
Efisiensi volumetrik adalah,Persentase pemasukan udara yang dihisap terhadap volume ruang bakar yang tersedia.
PENGISAPAN
.Gasoline engine; Pada gasoline engine yang di hisap adalah Udara + Bahan bakar
.Diesel engine; Pada diesel engine yang dihisap adalah Udara murni
COMPRESSION STROKE / LANGKAH KOMPRESI
.Piston bergerak dari BDC ke TDC
.Valve intake dan exhaust menutup
.Tekanan dan temperatur udara meningkat
POWER STROKE / LANGKAH KERJA
.Valve intake dan exhaust tertutup
.Bahan bakar di injeksikan dn terjadi pembakaran
.Piston digerakkan oleh hasil pembakaran dari TDC ke BDC dan memutar crankshaft
EXHAUST STROKE / LANGKAH BUANG
.Valve intake tertutup dan valve exhaust terbuka
.Piston bergerak dari BDC ke TDC
.Dan gas hasil pembakaran di dorong keluar melalui valve exhaust
.Piston bergerak dari BDC ke TDC
.Valve intake dan exhaust menutup
.Tekanan dan temperatur udara meningkat
POWER STROKE / LANGKAH KERJA
.Valve intake dan exhaust tertutup
.Bahan bakar di injeksikan dn terjadi pembakaran
.Piston digerakkan oleh hasil pembakaran dari TDC ke BDC dan memutar crankshaft
EXHAUST STROKE / LANGKAH BUANG
.Valve intake tertutup dan valve exhaust terbuka
.Piston bergerak dari BDC ke TDC
.Dan gas hasil pembakaran di dorong keluar melalui valve exhaust
Tidak ada komentar:
Posting Komentar